Bagaimana cara memakai Twitter?



Pertama tentu saja sign in ke www.twitter.com ^_^ klik sign up/join in lalu isilah data mengenai kamu. Pada bagian One Line Bio, boleh isikan motto atau kata2 yg menggambarkan diri km. Utk contohnya bisa lihat di profile q disini. Utk mulai menyapa semua pengguna Twitter, bukalah tab Home dan ketiklah pesan singkat di kotak yg tersedia sebanyak 140 karakter.

Perhatikan indikator huruf di samping, bila angkanya berwarna merah berarti km telah melebihi batas karakter yg disediakan. Tab Home akan berisi semua update pesan dari teman2mu yg menjadi pengikutmu. Sedangkan tab Profile hanya berisi ttg up date dari kamu, or apa saja yg km ketik utk dibaca semua pengikutmu. Hati2lah mengetik kata2 yg akan km publish, jangan sampai mengakibatkan hal yg tak enak bagimu karena merilis ejekan/kata2 kasar kpd seseorg. Tab Profile adalah juga satu2nya halaman yg akan terbaca apabila ada seseorang yg melihat profilmu utk pertama kalinya sebelum mrk memutuskan utk berteman dgnmu.

Kecuali km menge-set agar up date darimu diproteksi shg yg bs membaca hanya teman2 yg telah di approve. Tapi hal semacam ini tidak disarankan, km tidak akan mendapatkan banyak relasi berguna jika menutup diri..sebaliknya, jika tidak ingin berteman dg banyak org mengapa bergabung di situs sosial? ^0^ Teman mancanegara saya yg termasuk populer dg puluhan ribu pengikut pernah mengirim Tweet berisi komentar - kebanyakkan org di Facebook tidak tau apa guna Twitter sesungguhnya dan hanya memuat status up date yg sia2 spt : lokasi makan siang, pergi belanja [tanpa detil apa yg diincar], sedang sibuk di rumah, etc..etc...- Status Twitter sebaiknya lbh spesifik, misalnya jika hendak bilang pergi belanja, daripada mengetik: -lagi belanja di SC nih...- ; lebih baik mengetik: -Ke SC cari scraf merah keluaran LV yg lagi trend!-begitu lbh informatif...huhuhuhu...:)) belajarlah berkreasi dg 140 karakter utk mendapatkan inti plg menarik yg bs di share. It's quite challenging! Apa luar biasanya menggunakan Twitter? Ingin tau seberapa dashyatnya kegunaan pesan Twitter sebenarnya???

Baca deh ini...saya menerjemahkan inti ceritanya dari Mashable -10 UpDate yg paling luar biasa di Twitter- tapi beberapa aja ya...klo mau baca lengkap silakan klik di link tersedia. 1. Pernah terpikir menggunakan Twitter untuk melamar seseorang? Ada yg berpikir bahwa melamar via Twitter itu ga gentleman coz gak langsung...humm..salah besar deh! Melamar via Twitter gak sama dg via sms yg hanya dibaca oleh si penerima pesan. Via Twitter seluruh dunia membacanya, so kalo sampe ditolak pun semua orang tau termasuk kerabat, relasi kerja, bos...huehhh...itu semua kan butuh nyali yang besar...hehehe... Inilah salah satu Tweet yg sampai bikin team Twitter-Mashable yg membacanya pun tercengang! Tgl.28 May, Max Kiesler meminta Emily Chang menikahinya. Dan dg 3 kata singkat Ia menerimanya.

Dua status update kecil yg membuat sepasang insan terikat. Bahkan team Mashable pun tertegun. Satu cara yg Waw untuk 2 org pengikut sosial media menjadi terikat selamanya. Bonusnya..ribuan org ikut mengucapkan selamat dan terlibat di moment special mereka berdua! Ini menjadi pelopor ide bagi yg lain utk mengikuti cara Max dan Emily. 2. Berapa usia termuda utk join Twitter? Bayi Corey Menscher sudah ikut Twitter sejak dia berusia 6 bln dalam kandungan ibunya. Corey membuatkan account @kickbee utk Tyler[bayinya] sbg pengirim Tweet tiap kali bayinya itu mengirim tendangan atau reaksi di dalam perut ibunya. -aq menendang Mommy...aq menendang Mommy....- ^_^ Tyler lahir pd tgl. 19 January 2009 dan skrg mengirim 'tweets" dari akunnya sendiri. Yg membuat status update ini jd begitu mengesankan adalah penggunaan Twitter untuk mengikuti status perkembangan bayi dalam kandungan/track baby development, adalah contoh kreatifnya user memanfaatkan aplikasi ini untuk sesuatu yg penting. 3.

Waktu es pertama kali ditemukan di Mars, siapa yg pertama kali merilis beritanya? New York Times? Bukan. Blogger? TV? Bukan. Melainkan pemilik akun Twitter -Mars Phoenix Lander. NASA JPL (Jet Propulsion Laboratory) adalah sebuah kapal container yang bertugas mengoleksi informasi di Mars. Tugas utamanya mencari dan menyelidiki serta mengumpulkann bukti ttg ada tidaknya tanda kehidupan di Mars dan apakah Mars memiliki daya dukung untuk sebuah kehidupan di sana. Team NASA JPL-nya mengirim status update sebagai Phoenix Lander dan mengabarkan apa saja yg terjadi/ditemukan di sana. Hasilnya di luar dugaan, puluhan ribu pengikut membuat misi Mars itu lebih diperhatikan dan juga Twitter. The Mars Phoenix Lander adalah yang pertama mengirimkan status updates dari dunia lain!

4. Arrested = Ditangkap! 10 April 2008, James Karl Buck dan penerjemahnya ditangkap oleh kepolisian Mesir saat mengupayakan gerakan Anti Pemerintah. James, seorang mahasiswa lulusan Berkeley hanya sempat mengirimkan 1 kata Tweet-Arrested ketika dibawa oleh polisi. Satu update ini membuat semua teman2, pengikutnya dan keluarganya bergerak seketika. Bahkan sampai membuat Universitasnya menyewakan seorang pengacara atas namanya. James dibebaskan sehari kemudian. Ini satu bukti bahwa hanya 1 kata saja dari update status Twitter bisa menggerakkan orang2 ke dalam aksi dan mengubah kejadian. [bayangkan saja klo James gak sempet nge-Tweet...] 5. Gempa Bumi! Butuh waktu berjam-jam utk menulis sebuah artikel yg bagus atau blog post, 30 menit utk menulis artikel Breaking News, dan bahkan 5 menit utk menulis bbrpa baris head line berita terbaru! Tapi dg Twitter...hanya dalam hitungan detik. Ini yang membuat Twitter mampu mengabarkan sebuah kejadian bahkan mendului kantor2 berita! • Pesawat Jatuh: Waktu Continental Airlines jatuh di Denver, Colorado. Kantor2 media bukanlah yg pertama merilis beritanya. Seorang penumpang-Mike Wilson-lah yang mengabarkannya! • Gempa Dashyat di China: 12 May 2008, China diguncang gempa 7.8 scala reichter. Siapa yg pertama mengabarkan? Pengguna on Twitter! • Teroris di Mumbai: Waktu terjadi serangan teroris yang mengejutkan dan mencekam di Mumbai-India, lagi2 pengguna Twitter yg memberikan beritanya. Beberapa isinya sangat memilukan hati, tetapi update tsb membuat kita semua tau dg pasti apa yg terjadi disana! 6. Tawaran Kerja! Twitter adalah tempat yg asik utk mencari kerja, tapi Red Monk-sebuah Firma konsultan dan analis yg terbuka akan masukan dari umum- mengambil satu langkah lebih jauh saat menawari Tom Raftery sebuah jabatan full time lewat Update Twitter. Dan Tom menerimanya. Luar biasa bagaimana beberapa Tweet bisa memberikan seseorang pekerjaan! Duh, masih ada lagi nih....kisah ttg bagaimana Demi Moore/Mrs.Kutcher menggerakkan fansnya utk mencegah seseorang bunuh diri. Pd tgl 3 April 2009, Demi Moore mendapat pesan Twitter yg mencurigakan dan ia me-ReTweet sehingga para pengikutnya bereaksi dan bergerak dg cepat menemukan lokasi si pengirim Tweet dan memberitahukan aparat setempat yg lsg membawa si pengirim pesan ke rumah rehabilitasi psikologis! Ini bukan hanya soal Tweet yg luar biasa, tapi ttg reaksi dan aksi yg bisa digerakkan hanya oleh 140 karakter. "Originally posting and written by adhinatalia" search me on any social media using my name -adhinatalia-

Postingan Populer