Istilah-istilah Dalam Twitter


Bagi kamu yang baru mengenal twitter dan bingung terutama istilah-istilah yang digunakan, berikut merupakan arti dari istilah tersebut. Banyka istilah yang berupa singkatan dikarenakan memang twitter hanya membatasi 140 karakter dalam menuliskan status. Sekarang Twitter membatasi penggunanya agar hanya dapat memfollow 2000 orang.

Twitter memiliki bahasa sendiri, berikut ini adalah beberapa istilah dalam Twitter yang perlu anda ketahui dan fahami.

1. DM/Direct Message: Adalah pesan pribadi antara kedua pengguna/pemilik akun Twitter. Penerima pesan haruslah mengikuti (follow) pengirim pesan. Pesan yang dikirimkan terbatas oleh 140 karakter pesan.

2. Follow: maksudnya mengikuti pengguna Twitter lainnya. Pengguna akun Twitter yang mengikuti akan melihat semua tweet terbari dari pengguna akun Twitter yang diikutinya pada Timelinenya Anda bisa mengikuti (following) siapa saja, tapi jangan bingung jika ada simbol seperti “Gembok” disamping nama orang yang akan Anda follow (lihat gambar TheFuzzball dibawah) artinya orang tersebut tidak sembarang menerima Follower karena alasan-alasan tertentu (misal: takut di follow spammer atau menghindari follower yang memakai gambar profil kurang sopan).

3. Following: Maksudnya memilih untuk melihat Tweet orang lain pada timeline kita. Pilih dan ikutilah orang-orang atau perusahaan yang benar-benar kita perlukan.

4. Handle: Maksudnya, akun Twitter anda disebut dalam pegangan, dan biasanya di identifikasi dengan simbol @. Sebagai contoh, ID akun Twitter untuk website Komunitas pakar online Indonesia ini adalah @PakarOnlineID. Simbol @ digunakan untuk menunjuk ke pengguna akun spesipik, dalam contoh disini adalah Twitternya Pakar Online.


5. Lists: Adalah cara untuk menggabungkan beberapa tweet dari orang-orang atau perusahaan yang anda ikuti di satu tempat. List bisa berisikan tweet dari teman dekat, kompetitor, orang-orang dari komunitas tertentu ataupun yang lainnya. List adalah cara yang bagus untuk fokus ke berita atau tweet tertentu.

6. RT/Retweet: sama dengan kita melanjutkan (forward) tweet yang kita terima di timeline kita ke teman-teman kita di Twitter. Ketika anda atau orang lain menemukan sesuatu yang menarik anda dapat men-retweet untuk kemudian tampin di timeline orang-orang yang mengikuti anda. disingkat RT, artinya mengulang, menulis kembali apa yang ditulis seseorang, bisa jadi karena kata-kata tersebut Indah. RT ditambahkan pada tweet diikuti dengan @(username) ditambah dengan kata-kata yang ingin anda ulang

7. Search: adalah kolom untuk mencari sesuatu yang anda butuhkan di dunia Twitter, karena kebanyakan tweet adalah bersipat untuk umum atau untuk pablik, maka anda dapat mencari tweet apapun melalui search ini.

8. Timeline: Adalah daftar kronologi dari tweet anda, orang yang anda ikuti atau list.

9. Trending Topics: Adalah tweet yang sedang tren yang ada di Twitter berbasis web.

10. Tweet: Adalah artikel atau tulisan atau postingan yang mana di dalam dunia Twitter disebut Apa yang kita tulis (post) di Twitter, itu yang dinamakan Tweet. Dalam Bahasa Indonesia, Tweet memiliki terjemahan kicauan..

11. Tweetup: Adalah bahasa yang digunakan oleh pengguna Twitter jika mereka ingin bertemu didunia nyata, yang biasanya si pemimpin Tweetup membuat hashtag tertentu

12. Unfollow: Maksudnya, dengan meng-unfollow, anda tidak akan menerima tweet terbaru lagi di timeline anda dari pengguna Twitter yang sebelumnya ada ikuti.

13. Hashtag: pengertian Hashtag simbol # di Twitter. gunanya agar pengguna lain yang melihat bisa mencari topik sejenis yang ditulis orang lain dengan mudah. Misal #FollowFriday , #Blogging dll. 

#FollowFriday : adalah tradisi setiap hari Jumat dimana Anda dapat merekomendasikan orang lain untuk menjadi follower dari teman Anda yang menyenangkan. Silahkan tulis @(namatemanAnda) yang Anda rekomendasikan pada tweet Anda.

14. @ : Fungsinya bisa untuk me-reply tweet teman, membuat link kepada nama yang dimaksud.

15. TrendingTopics : Apa topik yang sedang dibicarakan banyak orang? Misal saat kematian Michael Jackson, Michael Jackson menjadi TT (sing. Trending Topics), saat bom mengguncang Indonesia #IndonesiaUnite menjadi topik yang paling sering dibicarakan. Bagaimana suatu tweet bisa menjadi Trending Topics? biasanya karena banyaknya orang yang menggunakan #(topikyangdibicarakan) pada tweetnya. Semakin banyak orang yang membicarakan topik yang sama dengan Anda, semakin lama topik tersebut bertahan pada Halaman depan Twitter dan dilihat oleh seluruh dunia.

16. OverHeard : disingkat OH, artinya Anda mendengar (melihat) tweet milik orang lain yang sangat menarik, tetapi Anda tidak ingin menyebutkan siapa yang menulis tweet tersebut. (Berbeda dengan RT yang menyebutkan sumber tweet).

17. Heard Trough: dilambangkan dengan HT , tiba-tiba Anda teringat dengan kata-kata menarik yang diucapkan teman Anda kemarin. Anda dapat menulisnya pada tweet dengan HT (singkatan Heard Trough). HT berbeda dengan RT, karena HT adalah kata-kata yang Anda dengar pada kehidupan nyata. OMG : Oh My God ; LOL : Lots of Laugh

Dan masih banyak lagi istilah yang digunakan di Twitter, namun dengan mengerti istilah yang diatas saja semoga bisa lebih memahami Twitter lebih baik.

Semoga bermanfaat.

Postingan Populer